Thursday, June 1, 2017

Cerita Hari 2 Komunikasi Produktif : Mama Harus Ramah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Melanjutkan ke Hari Ke2 nih ya ceritanya... tapi untuk kali ini saya akan cerita soal pengalaman bersama anak saja, karena untuk komunikasi dengan suami, tampaknya dalam 2 hari ini masih lancar lancar saja. hehehe 😆

karena hari ini hari libur, maka saya yang biasa nya bekerja di Kantor pun menjadi Ibu rumah tangga seutuhnya,.. *Cieh*

nah, kebiasaan anak sholeh saya si Ayman kalau saya berada di rumah, akan manja semanja nya dan intinya maunya nempel melulu sama emaknya ini, mungkin ibu-ibu lain juga banyak yg senasib dengan saya yaaa.. 

Nah si Ayman pasti akan melibatkan saya untuk melakukan segala aktivitasnya termasuk bermain. ya siapa yang bisa menolak ajakan anak untuk bermain kan ya. tapi kali ini ayman mengajak saya untuk bermain pasir / kinetic sand, yg mana mainan tersebut kan rusuh, ngotorin rumah, males beresinnya, dll... 

tapi namanya juga pengen nyenengin anak, masak iya ditolak 😂  

15 menit pertama, mainnya masih anteng, ga berantakan, pasir masih dicetak dan ditaruh ditempatnya...
namunnnn... beberapa saat kemudian,,, iyaaa pasirnya mulai dilempar lempar ke keluar bak nya, plus dilempar ke emaknya ini. anaknya juga dengan brutalnya lari kesana kemari, dan ceceran pasir terjatuh dimana-mana di lantai yg baru 15 menit lalu dipel sama si mpok ART dirumah (sabar ya mpok 😭)

okeh, karena saya merasa hal-hal ini (ceceran pasir dimana-mana, ayman berlarian) harus segera dihentikan, maka saya pun langsung menghela napas dan memanggil Ayman. 

Saya : Ayman, mainnya apa sudah selesai nak?
ayman : sudah 
Saya : mama minta tolong pasir sama cetakannya diberesin ya nak
ayman : oke (sambil lempar lempar pasir)
Saya : caranya mama tunjukkan ya, bukan dilempar begitu
akhirnya saya mencontohkan cara beres-beres mainan dan pasir itu ke dalam wadahnya. 
dan ayman pun mengikuti saya. step demi step membereskan mainan.

ketika semua pasir sudah masuk dalam tempatnya, maka saya pun memberikan pujian ke Ayman. Terimakasih ya nak sudah bantu mama, sudah bersih sekarang rumahnya, giliran bajumu mama bersihkan ya. Ayman pun tersenyum. 

nah, dari sini pun saya tertegun betapa dahsyat kekuatan intonasi dan tutur kata ramah kepada anak. sehingga efek yg didapat pun sangatlah positif. 

Hari ke-2 (1 Juni 2017)

#level 1
#day2
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

0 comments: