Tuesday, August 3, 2010

Tips-Tips Magang Sukses

AnyongHaseo...


Dari empat postingan sebelumnya mengenai seluk beluk permagangan, sangat tidak adil jika saya tidak memberikan tips-tips yg berkaitan dengan dunia magang tersebut. kalau begitu, marilah kita simak tips-tipa yg mungkin saja berguna dan dapat digunakan di dunia magang.


  1. Find The Right One! Carilah tempat magang yg sesuai dengan background pendidikan anda, ini harga mutlak! jgn sampe magang ditempat yg nggak match, itu namanya konyol.
  2. Find the Exist Corporate! Carilah perusahaan yg memang Eksis atau terkenal sangat "Hidup". maksudnya, memang perusahaan ini banyak kegiatan, masi jalan produksinya, masih bisa menggaji pegawai, intinya perusahaan yg sehat sentosa atau tidak dalam kebangkrutan.
  3. Create A New Topic! Carilah topik atau area magang yg berbeda dengan teman-teman seangkatan anda, misalnya bila semua teman magang menjadi PR (Public Relation) di perusahaan atau instansi, maka anda harus cari yg lain. janganlah sama melulu. hidup ini harus beda!!
  4. Be Adaptable! Beradaptasilah dengan cepat semenjak hari pertama anda mengikuti magang, cepat kenal para rekan kerja, cepat kenal lingkungan kerja. dsb
  5. Show Your Talent! Tunjukkan Performansi terbaik anda, tunjukkan bahwa anda profesional dan mampu untuk diberikan tanggung jawab.
  6. Share for Everything! Jangan pernah malu untuk bertanya, memberi masukkan, atau pun berkata tidak bila memang anda tidak setuju. mungkin secara posisi anda hanya anak magang. tapi pemikiran anda bisa jadi lebih fresh dan lebih baik dari rekan kerja anda.
  7. Be Your Self! and Respect! Jadilah diri sendiri, jangan pernah bertindak berlebihan, bila kemampuan anda sangat baik, janganlah sombong, dan selalu hormati rekan kerja anda semua. tanpa terkecuali mas-mbak office boy, pak satpam. dsb
  8. Follow the Rule! Berpakaianlah sesuai dengan aturan perusahaan, jangan berpakaian berlebihan, yg penting rapi,bersih, sesuai dress code, wangi, dan menawan.
  9. Be Sweet Please! Selalu Ramah terhadap semua orang, sering-sering berdiskusi, jangan malu untuk kenal orang baru.
  10. Last but Not Least Enjoy your work! , tunjukkan yg terbaik dari anda, bersikaplah wajar dan berprestasi. jadikan magang ini sebagai awal dari pembuktian anda kalau anda dapat bekerja dengan baik di dunia profesional. karena bisa-bisa setelah magang anda dapat ditawari pekerjaan di perusahaan tersebut. Seperti saya contohnya (*narsis lagi*)

Mucho Love.

0 comments: