Sunday, August 1, 2010

Balada Anak Magang, Part Trea : The Learning Process

Anyonghaseo..


Sesuai dengan janji saya kemarin,saya akan menyelesaikan tulisan saya yg berbentuk trilogi terlebih dulu. nah berarti saya akan menyelesaikan kisah magang yg sangat-sangat keren sekali ini.

Oke, kalo pada postingan sblmnya sy lbh banyak bercerita tentang proses mnegejar mas-mas karena dikejar oleh pengerjaan skripsi. kalo di postingan ini saya akan menceritakan mengenai serunya magang itu, apalagi setelah tidak dibebani dengan si Skripsi.

Yuk. kita mulai aja deh..

Oh sebelumnya, karena saya magang di bagian Marketing dan promosi sebuah provider, dan ntah kenapa isinya LAKI-LAKI semua ya??? hanya mbak admin dan ibu bos besar yg cewek, dan saya tentunya... maka ada dresscode khusus yg harus dipenuhi, yaitu : No High Heels, No Skirt, No sok Cantik, No lelet, Harus kerja keras. Cerdas,Tangkas dan Semangat

Wuahahahaha, syarat-syarat itu kan aku banget.. nget..

Minggu 1 : Perkenalan dulu
pada minggu ini, hari pertama adalah masa orientasi, kenalan dulu lah sama mas-mas dan mbak-mbak yg nantinya akan kerja bareng sama saya, terus dikenalin dengan apa aja yg biasa dilakukan disini. mulai dari job deskripsi dari departemen nya ini apa, apa aja yg dilakukan, bentuk-bentuk laporan, bentuk-bentuk surat penting, dan lain-lainnya... intinya biar gak kaget dan kagok gitu.

Minggu 2-3 : Turun yuk ke Lapangan
nah di minggu ini, kegiatan magang sudah mulai menunjukkan sifat aslinya, omongan si mas-mas rekan kerja kalo magang ditempat ini bakal banyak kerjaan, sangat-amat-terbukti. pada minggu ini banyak banget hal-hal praktis yg saya pelajari yg gak akan saya temui di buku dan teori manapun, maksudnya me-matchkan teori dan praktek itu emang gampang-gampang susah. karena kadang apa yg kita idealkan terjadi juga gak bisa terealisasi. pada minggu ini saya banyak belajar mengenai : Dealing dengan Klien (Dalam hal ini EO atau vendor) , Dealing dengan Sponsor, Sering Meeting dan Pitching, dan Supervisi Event.

Sedikit keseruan yg terjadi adalah, ketika saya dengan status si-anak-magang diberi tanggung jawab untuk melakukan supervisi event sendirian! di 3 tempat yg berbeda. kedengerannya pasti keren kan?? yah, saya lakukan supervisi itu di Sekolah, Kampus dan Mall. disitu banyak banget hal yg gak pernah terpikir saya lakukan, jadi dilakukan. dan pastinya banyak banget ketemu dengan orang-orang baru yg tidak pernah kepikiran bakal kerja bareng dengan mereka.

waktu supervisi event (*so kumus-kumus)

terus pernah juga, karena ada event exhibition dan kebetulan si provider sedang acara gathering, maka saya si-anak-magang lagi2 menjadi duta perusahaan untuk menjadi Juri di dalam perlombaan yg diadakan di event exhibition tersebut. okeh, jadi Juri Pertandingan Cheersleader dan wakil perusahaan. *berasa keren juga saat itu*

Minggu 4-5 : The Project

Nah, disini terjadi suatu perombakan besar dengan apa yg harus sy lakukan selama magang. bahkan bos saya pun ikut2 an di rombak. bukan apa-apa, bos saya yg baru menginginkan saya supaya lebih melakukan sesuatu yg "besar" daripada cuman supervisi event itu.
bos baru saya ini, tipikal mas-mas pintar, berkat, ceria, cerewet *ups* dan perfeksionis.
And thanks to him, because he just found my potential strenght already!!!

yah, bener banget, si Bos inilah yg menemukan dan menggali potensi saya, di dunia market-thing-isme ini. nah project ini adalah project yg mnrt saya gede dan penting untuk kelangsungan hidup si provider. karena berhubungan langsung dengan
How to engage with their Costumer and make their costumer loyal with the brand.

dan nggak tanggung-tanggung, konsumen yg dipilih adalah kaum Youth!! omaigad, iya kaum anak ababil dan abege jaman sekarang yg maunya macem-macem itu. dan si bos memberikan waktu selama 2-3 minggu untuk mengerjakan project itu

hasil karya saya (*cover pptnya doang! rahasia isinya*)

dimana garis besar project itu adalah : jika kamu yg jadi boss disini, mau kamu apakan si konsumen ababilmu supaya tetep loyal dan mau make produk ini trus?
oke..oke.. saya paham dan mengerti..*ini bakalan keren banget*

Minggu 6-7 : Saya Umroh
Lah, ini mah uda ada ceritanya di potingan sebelumnya

Minggu 8 : Waktunya Presentasi!!
Yah, Hari yang ditunggu pun akhirnya tiba juga, si bos yg sangat sibuk banget dan atasannya si boss akhirnya mau menyempatkan diri untuk melihat presentasi saya, usut punya usut, presentasi saya ini dibuat dengan penuh perjuangan, si bos menyuruh saya mengerjakan ppt dgn sekreatif dan se catchy mungkin. dan akhirnya saya bisa menuruti keinginannya itu.

Team Marketing XL East Area
Mas boy-Mas Bram (He is my guru)-Mas Boni-Mas Angga


Nah, entah kebetulan atau tidak, tiba-tiba dihari saya presentasi, entah kenapa semua Promo Coordinator dari Area East si Provider sedang berkumpul. dan saya pun akhirnya presentasi di depan 4 Prom Co. 1 Promo Manager. dan 1 Marketing manager East Area.

Heboh,Itu pasti!! saya yg nota bene cuman anak kuliahan, harus bisa dong mempertahankan pendapat saya terhadap ide yg saya kemukakan ini. di serang itu pasti, dipuji itu pasti. saya ini dalam proses belajar kan!!

tapi akhirnya presentasi diselesaikan dengan sangat baik. dan sangat keren. yah, another process for learning something new in my life...
Dan akhirnya, selesai jugalah proses magang saya. yg semula aslinya 1 bulan, jadi 2 bulan, yg aslinya 2 bulan gara2 saya umroh jadi 2 bulan 2 minggu.. hohohoho
bukan karena apa-apa, karena semua orang disitu sangat mencintai saya.. hehehehehe

Oke, sekian untuk cerita magang. harusnya kalau trilogi, ini cerita terakhir tentang magang. tapi sepertinya saya akan menambah lagi..kan ada tuh buku atau film yg pake nama extended di belakangnya, postingan juga boleh dong, pake extended *maruk dan mulai ikut ababil*

Mucho Love.. see you!!

0 comments: