Wednesday, April 7, 2010

The Unforgetable Memories : Umroh with my Family

Kali ini apa yg sy tulis merupakan tulisan yg berbeda dari tulisan-tulisan sebelumnya.. tulisannya agak formal,dan tanpa becandaan (*semoga gak ada becandaan beneran..)


Masjidil haram waktu malam hari

berbeda di sini,dengan artian bahwa apa yg sy tulis kali ini merupakan pengalaman yg bagi sy adalah pengalaman yg paling berkesan dan tidak ada duanya dalam hidup. karena apa, karena pada bulan maret kemarin sy dan keluarga menuaikan umroh ke tanah suci. yg membuat sy sangat bahagia adalah, karena :

  1. ini pertama kalinya sy dan keluarga pergi ke Luar Negeri
  2. Luar Negerinya tidak sembarang Luar negeri, tapi sekaligus umroh. jelas beda sekali dan sangat luar biasa pengalaman yg sy dapatkan waktu itu.
untuk itu,sy mencoba membagi kisah perjalanan sy selama umroh tersebut, dalam bentuk ringkas dan mudah dimengerti

1. Hari Pertama
Kami sekeluarga pergi pada haru jumat tgl 5 Maret, dengan menaiki pesawat yg berganti-ganti sepert ini sby-jkt (garuda) jkt-kuwait (kuwait airways, transit malaysia) kuwait-jeddah (kuwait airlines). perjalanan ini mencapai wakti hampir sehari,karena waktu transit yg sangat lama.

2. Hari kedua
Sampai di jeddah, dan kami sekeluarga sudah berihrom mulai dari kuwait, karena tujuan kami langsung ke makkah setelah dari jeddah, sehingga ihram wajib dipakai sebelum masuk miqat. perjalanan jeddah-makkah ditempuh dengan Bis, dan memakan waktu sekitar 2 jam, setelah itu kami berisitirahat di hotel dan berencana untuk melakukan ibadah umroh (thawaf-sa'i-tahalul) setelah isya'


Memakai Ihrom di Kuwait - Saya Exist di depan Ka'Bah

3. Hari ke Tiga,kami sekeluarga melakukan ziarah ke tempat-tempat dimana nabi dulu berjuang untuk mengakkan Islam, mulai dari jabal tsur-Jabal rahmah- Mina-Arafah-lokasi lempar Jumroh- masjid dzikronah.

4. Hari ke empat diisi dengan kegiatan bebas, dalam artian disini kami bebas melakukan ibadah dan memperbanyak ibdah di Masjidil Haram. dan setelah sholat wajib di Masjidil Haram, pasti kami sekeluarga pergi jalan-jalan di pasar-pasar sekitar masjid.


Exist di depan Masjidil Haram

5. hari ke lima,kami masih berada di Makkah, kegiatan yg kami lakukan juga kegiatan bebas, sehingga kami sekeluarga berencan untuk pergi berwisata sendiri ke jeddah, kami ke corniche- masjid Qishas-dan jalanan jeddah juga untuk melihat masjid terapung (masjid fatimah) yg berada di tepi laut merah.


Exist di Masjid Fatimah (Laut Merah-Jeddah)
( ki-ka : nedy, arif, saya, zara, irfan)

6. Hari ke 6 merupakan hari terkahir kami di Makkah, dimana untuk yg terakhir kalinya dalam ibadah umroh kami melakukan ibadah di masjidil Haram. dan kami juga melakukan tawaf Wada'

7. hari ke 7 adalah hari dimana kami sekeluarga akan melakukan perjalanan dari Makkah ke Madinah, perjalanan yg ditempuh lumayan jauh hampir 5 jam. dan setelah sampai di hotel, kami diberi keluasaan untuk beristirahat di hotel.


obsesi berffoto dan nyulik anak bule tersampaikan

8. hari ke 8, kami berkeliling di kota madinah, sebelumnya orientasi dulu di Masjid Nabawi, dan dilanjutkan untuk pergi ke Raudah yg berada di dalam masjid nabawi tersebut. kemudian siangnya dilanjutkan dengan berwisata ke masjid Quba-Kebun Kurma-Masjid Qiblatain- dan Masjid Tujuh


exist di kebun kurma

9. hari ke 9 adalah hari terakhir kami berada di tanah suci, kami melanjutkan perjalanan untuk kembali ke jeddah. di jeddah kami juga mampir lagi di masji terapung, dan di corniche sebentar saja. karena perjalanan madinah -jeddah sangat jauh. dan akhirnya kami pun sampai di jeddah untuk berangkat ke kuwait.

10. Hari ke 10, jarak jeddah- kuwait sebenarnya hanya 2 jam,namun kami harus transit sekitar 5 jam dikuwait untuk berangkat lagi ke jakarta. di kuwait kami hanya mampir sebentar. setelah dari itu pesawat ke tanah air pun berangkat tepat pukul 12 malam.

11. Hari ke 11. alhamdulillah kami sekeluarga sampai di Jakarta, setelah sebelumnya transit di malaysia. dari jakarta kami transit 4 jam untuk pesawat ke surabaya. otomatis dengan perjalanan yg begitu jauh, kondisi badan menjadi drop dan capek sangat terasa sekali. tapi yg penting sudah sampai rumah dan hati pun lega...


saya di masjid nabawi

Personal Opini tentang perjalanan umroh saya kali ini adalah :

  1. Umroh itu sangat menyenangkan apalagi kalau kita bersama keluarga dan beramai-ramai, sumpah sangat seru sekali !!!!
  2. Hotel yg sy tempati,baik di Makkah maupun Madinah, selalu dekat dengan masjid dan Hotelnya juga sangat bagus. gak akan pernag kerasa deh capeknya.
  3. Makanan yg disediakan pihak Hotel juga enak-enak dan masakan indonesia, cuman karena sy sudah bosan dengan makanan indo-arab yg seri disasjikan, dan makanan arab di kuwait airways, sy jadi eneg, dan rindu sekali dengan makanan surabaya contoh : lontong balap, rujak cingur, dsb. yg setelah sampai surabaya langsung sy habiskan semua makanan yg disebut tadi.
  4. Bahasa Indonesia cukup eksis di Arab, seolah-olah jadi bahasa no.2 deh. hehehehe
  5. Banyak banget bayi2 lucu disana, sumpah sy pingin culik 1 bayinya
  6. Banyak juga cowok cakep atau cewek cantik, tapi sayang semuanya pake gamis atau abaya,gak ada yg stylish gitu dehhh (*alay bgt nih..)
  7. Mobil-mobil mewah berkeliaran di arab, tapi syg selalu gak mulus, penyok disana-sini atau baret disana-sini, jadi pingin beli.... (*ciee gaya bgt aku...) dan slalu yg nypir cowok ganteng, tapi tetep pake gamis...
  8. Produk-produk Dairy murah bgt di Arab, buah-buahan juga, pokoknya makanan di Arab banyak yg murah.
  9. Toko-toko di Arab Suka bikin kesel, kalo mau waktu sholat mesti langsung tutup, jadi bayangkan sehari 5 kali toko tutup, dan sy sering tertipu dengan jadwal toko tutup itu.
  10. Penjual di Arab suka ngaco dan bohong kalo itung-itungan ma tawar-tawaran, jadi perlu dilihat kalkulatornya bener2 tuh.
  11. Paling penting nih,,,, kalo di Arab, orang nikah meski kasih minimal mas kawin 500.000 riyal setara dengan IDR 1,25 M, keren bukannn??? (*di Indonesia harusnya juga kaya gitu deh,,biar cowok2 mikir dulu klo mau nikah..hohohoh)
sekian deh cerita umroh saya...ntar pada pingin lagi...

Mucho Love..



0 comments: