Saturday, June 24, 2017

Aliran Rasa : Pentingnya Komunikasi Produktif bagi saya

Assalamualaikum.

beberapa hari yang lalu merupakan hari terakhir pengumpulan tugas game level 1 komunikasi produktif yang harus dipenuhi oleh peserta kelas Bunda Sayang, syarat wajibnya adalah, harus mendokumentasikan 10 hari praktek komunikasi produktifnya dari 17 hari yang telah diberikan. kemudian di grup whatsapp - fasilitator, yg dalam kesempatan kali ini adalah Mbak Farida, mencoba untuk menggali kira kira apa makna yang bisa kita ambil dalam 10 atau bahkan 17 hari praktek komunikasi produktif tersebut.

bagi saya pribadi, kesempatan untuk berlatih 10 hari mengaplikasikan poin-poin komunikasi produktif ini bukanlah sekedar pemenuhan setoran game semata, atau mengejar badge semata. tapi lebih kepada komitmen dan keikhlasan kita dalam menjalankan poin komunikasi tersebut kepada pasangan, anak maupun orang lain dengan penuh kesungguhan.

di awal-awal pastilah sangat berat untuk berlatih, karena kita tidak biasa melakukannya dan kesulitan, namun ketika sudah beberapa kali praktek jadi terasa lebih mudah dan terbiasa. ketika di awal masih berpikir, harus ngomong seperti apa ya, harus bicara apa ya? semakin lama dijalanin, semakin lancar dan tak perlu berpikir lama.

bagi saya tentu sangat bermanfaat sekali apalagi komunikasi ini adalah hal yg esensial dalam kehidupan sehari-hari. karena pada dasarnya kebutuhan manusia untuk mengerti dan dimengerti itu utama, berkomunikasi pun pasti punya tujuan, baik itu untuk kesepakatan, persetujuan, dll. dan kalau tujuan komunikasi tidak tercapai, yang ada pasti salah paham melulu, dsb.

semoga semoga semoga, untuk kedepannya, akan bisa mengaplikasikan komunikasi produktif ini dengan lebih baik, dan juga sharing dengan orang lain betapa pentingnya komunikasi produktif ini.

Terimakasih..

#level 1
#aliranrasa
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





0 comments: