Saturday, July 15, 2017

Cerita Hari ke-1 Melatih Kemandirian : Persiapan

Assalamualaikum.

Setelah Liburan Idul Fitri yang cukup panjang dan menyenangkan, alhamdulilah akhirnya bisa bertemu lagi dengan kelas bunsay dan pastinya yang paling ditunggu-tunggu adalah game nya yang menurut saya sangat seru, menantang dan Bermanfaat.

untuk Game Level 2 kali ini adalah mengenai melatih kemandirian, untuk yang sudah memiliki Putra/i maka untuk tugas kali ini diharuskan membuat portofolio apa saja yang dilakukan terhadap anak atau gambaran mengenai latihan kemandirian ini, alhamdulilah tugas ini sepertinya sejalan dengan keinginan saya untuk mulai fokus melatih kemandirian putra saya Ayman, karena Ayman sendiri akan berumur 2 tahun bulan depan, sehingga menurut saya penting sekali jika kemandirian ini dilatih untuk kemudahan hidupnya kelak.

Namun saya sendiri tidak muluk-muluk, dalam rentang waktu pengerjaan tugas ini, ada 3 latihan kemandirian yang akan saya fokuskan, antara lain :

1. Makan Sendiri (sudah mulai berlatih sejak 18 bulan)
2. Meminta atau memberitahukan apa yang diinginkan (misalkan ingin BAK, BAB, dll)
3. Membereskan mainan yang sudah selesai dipakai

Nah untuk Hari pertama ini yang saya latih adalah kemampuan untuk makan sendiri, pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk melatih makan sendiri, dikarenakan Ayman memang lebih happy ketika bisa makan sendiri, daripada disuapin, meski kadang kala, ketika tidak mood makan atau sedang sakit juga minta disuapin.

cara yang dilakukan untuk melatih makan sendiri ini adalah, ketika Ayman berusia kurang lebih 16 bulan, kami membeli Highchair yang akan digunakan untuk makan sendiri, dan kenapa highchair karena bisa dgunakan untuk makan bersama di Meja Makan di rumah.  Ketika Makan di highchair Ayman senang dan melalui proses makan dengan baik, ya meskipun ada makanan yg tercecer,tumpah atau dibuat mainan, tapi dia dapat menikmati proses makan tersebut dengan baik, akan tetapi karena kami berdua adalah ortu yang bekerja. kami hanya bisa melakukan aktivitas makan bersama ini saat makan malam, dan kadang kurang konsisten juga. namun setiap weekend kami akan usahakan untuk selalu makan bersama.



sepertinya memang masih berproses ya untuk melatih makan sendiri ini.. hehehe

Hari ke 1 : 15 Juli 2017

#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10Hari

0 comments: