Sunday, June 11, 2017

Cerita Hari 7 Komunikasi Produktif : Ngobrol Santai

Sehubungan dengan komunikasi produktif dengan anak masih tetap memakai poin "berempati" dan kemungkinan contoh kasusnya adalah sama yaitu sewaktu anak rewel atau menangis, maka di hari 7 ini ceritanya adalah mengenai komunikasi dengan pak suami.

ketika di grup sedang membahas Family forum, maka saya pun teringat bahwa tanpa disadari di keluarga saya dan suami ini sering banget melakukan family forum ini meskipun ya ga resmi resmi dan terjadwal amat, tapi at least seminggu sekali kami lakukan.

kalau dulu pas masih tinggal bersama keluarga sih, family forum nya terkait dengan gimana sekolah adik adik, mau masuk kuliah apa, rencana liburan kemana, dsb.  nah ketika saat ini bersama pasangan kami pun sebenarnya sering sekali melakukan family forum atau yg kita sebut ngobrol santai tapi bermakna ini. biasanya sih kalau hari biasa kita lakukan pas makan malam, atau pas suami bantuin saya masak orderan atau pas sebelum tidur.

nah pas hari ke 7 ini, karena sedang ramadhan makan forumnya pun diganti pas makan sahur, lagi-lagi saya menerapkan poin clear & clarify dan sebenarnya secara ga langsung juga ada choose the right time dan intensity eye contact. karena kapan lagi kan kan kalau ga pas sahur kita bisa ngobrol aga serius berdua..

topiknya sih ga jauh jauh ya dari rencana masa depan, mimpi kita ataupun ibadah kita sudah seperti apa, dan kadang-kadang meski suami lebih banyak diam, dan saya yg lebih banyak bicara, tapi setidaknya banyak hal yg bisa dihasilkan dari forum sahur tsb. dan suami pun penerimaanya bisa lebih baik ketimbang membahas hal yg sama pada waktu sebelumnya...

semoga seterusnya akan seperti begitu,, amin.

Hari Ke-7 (7 Juni 2017)

#level 1
#day7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

0 comments: