Sunday, September 5, 2010

Marketeers Club Seminar : Marketing to Women

Marketing To Women : Empowering Women As Potential Target Market


Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2010, di Sheraton Surabaya. Seminar ini digelar oleh Marketeers Club di Delapan Kota besar di Indonesia.

Mengapa Women yg dijadikan target market potensial??? bila kita melihat pada perkembangan dunia marketing saat ini, dan ingat dengan suatu fenomena yg disebut New Wave Marketing, maka kita tahu bahwa Ada beberapa Target yang harus menjadi incaran utama bagi pemasar-pemasar yang New Wave, yaitu Youth (pemuda), Women (Wanita) dan Netizen (Internet CItizen). dan untuk topik yang dipih saat ini yaitu Women As A potential Target Market, maka ada beberapa alasan yang mendasari bahwa mengapa Women atau wanita menjadi target yg berpotensi dan sangat wajib untuk diperhatikan. alasan-alasan tersebut antara lain adalah :

  1. Wanita merupakan orang yg gemar membeli suatu produk, tipe konsumen yang bahkan harap dibedakan pada wanita definisi antara shopping dan Buying.
  2. Hampir 80% Wanita di Indonesia mengatur keuangan dalam keluarga
  3. Wanita sering menjadi Decision maker atau pembuat keputusan bagi barang-barang yang akan dibeli dalam suatu keluarga.
  4. Wanita sering membeli barang-barang, yang juga bukan untuk dirinya sendiri, mereka membeli barang untuk keluarganya, teman, saudara, rekan kerja, dsb.
  5. Wanita merupakan influencer yg sangat dahsyat, mereka sering mempunyai kelompok-kelompok tertentu dan saling sharing mengenai suatu produk kepada rekan-rekannya.
  6. Dan banyak lagi alasan yg menyebabkan, wanita pantas dijadikan Target Market Potensial.

Cover Of Marketeers Mag on August Edition

Satu Hal yg perlu diperhatikan dalam menembak wanita sebagai target market adalah, jangan sampai pernah mengecewakan wanita itu sendiri, karena apa, jika seorang wanita telah kecewa terhadap mutu atau pelayanan suatu produk, maka hampir dipastikan si wanita tidak akan kembali ke produk itu lagi. Sehingga, bagi sebuah Brand atau Merek yang ingin dipercaya Oleh Wanita, jadi lah merek yg benar-benar bisa dipercaya oleh wanita. istilahnya The Brand Must Become a Trusted Friend For Women. dan bagi para marketer, jika ingin mendapatkan wanita sebagai target market, maka berpikirlah juga sebagai wanita meskipun marketernya adalah Pria.

Didalam seminar itu,juga dijelaskan mengenai beberapa brand yang totalnya ada 80 Brand yang merupakan brand-brand yg menjadi favorit dari para wanita, atau biasa disebut brand-brand yang memahami anxiety dan desires dari para wanita.

Selain itu, jika di Surabaya dan di 8 kota besar lainnya, juga ada penganugerahan terhadap wanita-wanita yg dianggap sebagai figur yang mewakili definisi WOMEN itu sendiri,karena Pak Hermawan Kartajaya sendiri menyebut bahwa WOMEN adalah singkatan dari Well Being, Optimism, Multitasking, Enterpreneurship dan Networking. maksudnya adalah, setiap wanita selalu menginginkan untuk memiliki sifat-sifat tersebut, atau bahkan tiap wanita juga diciptakan dengan sifat-sifat yg ada di dalam definisi WOMEN itu sendiri.

Penerima Penghargaan WOMEN di Surabaya

Sebenarnya banyak sekali yang dibahasdalam seminar mengenai WOMEN pada waktu itu. karena selain membahas peran wanita sebagai target market juga membahas apa yang ditakuti dan dicemaskan oleh wanita. ketakutan dan kecemasan itu antara lain adalah :
  1. Ketakutan dalam hal kesehatan
  2. Ketakutan dalam hal Keluarga
  3. Ketakutan dalam hal Kecantikan
  4. dsb.. (karena saya agak lupa)

Dan Selain itu juga dibahas mengenai apa-apa saja yang diinginkan oleh wanita akan tetapi lelaki tidak mengetahui. dan hal ini juga sempat diangkat di twitter dengan hashtag
#Whatwomenwantbutmendon'tknow

jawaban-jawaban yg muncul pun akhirnya bergam, misalnya :
  1. Perempuan suka untuk didengarkan, tapi tidak perlu diberi komentar
  2. Perempuan memiliki rekening pribadi,yg tidak diketahui oleh laki-laki
  3. Perempuan lebih suka diberi mentahannya, daripada diberi hadiah yg tidak sesuai.
  4. Dsb.
sehingga dapat disimpulkan bahwa, WOMEN sebagai target market, memang sangatlah potensial. akan tetapi para pemasar harus benar-benar mengerti dan memahami WOMEN sendiri dan sebaiknya Brand juga harus benar-benar menjadi Trusted Friend bagi Si WOMAN jika memang ingin benar-benar mendapatkan Market Share.

Source : Seminar Material, The-Marketeers Web and Mag, My Justification, and So On..

0 comments: