Saturday, August 5, 2017

Aliran Rasa - Melatih Kemandirian anak saya yg bernama M. Ayman Emeriza

Alhamdulillah


akhirnya bisa juga menyelesaikan Tantangan 10 hari game level 2 di Kelas Bunsay dengan bahasan Melatih kemandirian.

untuk kali ini yang saya latih adalah tentunya kemandirian anak saya yang masih balita dan berumur hampir 2 tahun (minggu depan sih 2 tahunnya) hehe..

dalam melakukan latihan kemandirian ini, tentunya saya menetapkan adanya target dari kemandirian yag saya latih, meskipun target itu tidak muluk muluk, tapi setidaknya target tsb cukup SMART untuk bisa dicapai anak seusia Ayman.

kemandirian yang saya pilih untuk dilatihkan adalah : Makan Sendiri dan Mengucapkan kemauan/keinginan secara jelas

sampai berakhirnya Game. untuk 2 jenis kemandirian ini alhamdulillah Ayman sudah sangat bisa melakukannya, meski kadang kita sebagai ortu yg kurang konsisten, tapi dalam hal ini Ayman sudah cukup menguasai kedua hal tersebut sehingga sebagai ortu pun ingin memberikan challenge lebih terhadap Ayman. challenge lain tsb adalah : Toilet Training (TT) 

di akhir periode game, ada suatu kebetulan yang membuat Ayman untuk sementara dikurangi dulu pemakaian pampersnya, sehingga pada siang hari dicoba untuk tidak memakai pampers sama sekali dan juga sekalian ingin melakukan tes apakah dia sudah benar benar bisa mengatakan yg diinginkan. 1-2 hari pertama tentunya tidak mudah, Ayman beberapa kali mengompol, atau masi kagok untuk pipis dan pup di WC, tapi di hari ke 3 dia sudah secara otomatis meminta kalau ingin pipis atau pup sehingga di hari ke tiga mulai aman tanpa ngompol di celana pada siang hari.

TT tersebut masih dilanjutkan hingga kini, Ayman juga sudah menolak memakai pampers, meskipun kami ortunya masih memakaikan pampers ketika pergi atau jalan jalan, karena kami jujur masi takut anaknya ngompol.

akan tetapi tiap pampers yg kami buka selalu bersih, dan meski pakai pampers sekalipun Ayman tetap minta pipis atau pup di toilet, dibilang capek, yaiyalah pasti capek, karena 1 jam sekali si Ayman minta pipis, tapi kalau diingat ini kan sebenarnya hal yg diinginkan dan justru diharuskan.


oleh karena itu sangat salut sekali dengan materi ini sekaligus gamesnya, banyak hal bermanfaat yang didapat, juga aplikasi secara langsung bisa membawa perubahan yg nyata.

terimakasih IIP...

#AliranRasa
#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Tantangan10Hari

0 comments: